MATERI KELAS 5 TEMA 9 B INDONESIA

MATERI KELAS 5 TEMA 9 B INDONESIA 



KOMPETENSI DASAR
3.4. Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.
4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan  lisan, tulis, dan visual.


IKLAN

PETA KONSEP 
 
 


A. PENGERTIAN IKLAN 
IKLAN adalah suatu cara yang di gunakan seseorang untuk mengajak atau membujuk seseorang agar memakai barang arau jasa yang mereka tawarkan. Iklan sering muncul di media cetak maupun media elektronik. Berbagai benda, barang atau jasa ditawarkan melalui iklan. 
Dalam pengiklanan tentunya iklan memerlukan media. Bebraopa medua yang di gunakan untuk iklan antara lain. 

B. MEDIA-MEDIA IKLAN 

1. Media cetak 
Media cetak merupakan media yang di cetak kelemahan media ini adalah memiliki jangkauan yang relatifs sedikit namun dalam pembuatanya tidak memerlukan biaya yang banyak. Conto media cetak adalah Koran, poster, pamphlet dan lain-lain,

2. Media elektronik
Media elektronik merupakan media yang berbasis elektronik atau teknologi contohnya Televisi, Radio dan internet. 

Iklan dengan media radio memiliki bunyi atau suara yang bisa di dengar Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan sound effect (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam. memiliki jangkauan penyeberanya cukup luas namun memiliki kekurangan tidak bisa menampilkan gambar. 


 
Iklan dengan media telivisi adalah iklan yang dapat menampilkan suara sekaligus gambar dan meiliki jangkauan yang sangat luas, iklan televisi merupakan jenis iklan yang banyak di minati oleh calon pembeli atau pegguna jasa, namun kelemahan dari iklan televisi ini adalah dalam pembuatanya jenis iklan ini memerlukan biaya yang relative mahal. 


 
Iklan dengan media digital interaktif (internet) adalah iklan yang di tampilkan dalam blog atau halaman web seseroang, ada juga yang biasanya di tampilkan di dalam video sesorang contohnya vedio youtube dan lain lain. Iklan internet ini bisa berupa gambar saja atau bisa juga gambar dan suara. 

BACA JUGA 

C. Ciri-ciri iklan yang baik dan benar
  1. Informatif artinya iklan mengandung informasi yang jelas 
  2. Komunikatif artinya iklan mudah untuk di mengerti 
  3. Bahasanya singkat dan padat
  4. Menarik arinya iklan mampu mearik perhatiab khalayak 


D. Tujuan iklan
1. Memberitahukan sekaligus Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa agar mau  membeli atau menggunakan barang atau jasa yang mereka iklankan. 

E. Bentuk-bentuk iklan:

1. Iklan Baris
Iklan baris yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini.
Ciri-ciri iklan baris yaitu:
  1. Terdiri atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.
  2. Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan. Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatansingkatan untuk menghemat tempat.
  3. Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna. 
  4. Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk dihubungi pembeli.
  5. Tidak menggunakan ilustrasi grafis.
  6. Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat yang lebar.




2. Iklan kolom
Iklan kolom adalah iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa
bagian kolom dari halaman surat kabar.
Ciri-ciri iklan kolom adalah sebagai berikut.
  1. Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.
  2. Ukurannya lebih besar dari/pada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.
  3. Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita, atau ucapan terimakasih.
Berikut adalah contoh iklan kolom pada koran.


 

F. JENIS-JENIS IKLAN 
1. Iklan pengumuman atau pemberitahuan
Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan memberitahukan sesuatu kepada khalaya umum  misalnya iklan pemberitahuan duka cita.
Berikut adalah contoh iklan pemberitahuan pada media cetak.


2. Iklan penawaran (niaga)
Iklan penawaran (niaga) yaitu iklan menawarkan Barang atau jasa yang bertujuan memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dari barang atau jasa yang mereka  tawarkan , contoh 




3. Iklan layanan masyarakat
Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal. Misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain. Berikut adalah contoh iklan layanan masyarakat


4. Iklan komersial
Iklan komersial adalah iklan yang menginformasikan produk barang ataujasa yang ditawarkan oleh pemasar.
5. Iklan perusahaan
Iklan perusahaan adalah iklan yang menekankan pada citra perusahaan. Iklan perusahaan umumnya dirancang dengan tujuan tertentu yang menguntungkan perusahaan di masa datang. Tujuan utama iklan perusahaan adalah meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.

BACA JUGA 

Sekian materi dari say apabila ada kesalahan saya mohon maaf........................

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MATERI KELAS 5 TEMA 9 B INDONESIA "

Posting Komentar